Senin, 28 April 2014

MENYOROTI SALAH SATU INDUSTRI: PT. PISMA PUTRA TEKSTIL, PEKALONGAN


PT. Pisma Putra Tekstil
Industri tekstil berperan penting dalam penyediaan lapangan kerja, Pada tahun 2006 jumlah industri tekstil di Indonesia mencapai 2699 perusahaan dengan total investasi Rp135,7 triliun. Jumlah ini mengalami sedikit kenaikan dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 2.659 perusahaan. Daya serap tenaga kerja di industri ini juga cukup besar mencapai 1,84 juta tenaga kerja per tahun. Lokasi industri di Jawa Barat 57%, Jawa Tengah 14% dan Jakarta 17%. Sisanya tersebar di Jawa Timur, Bali, Sumatera dan Yogyakarta. Pabrik tekstil merupakan pabrik yang memproduksi berbagai jenis kain dengan bahan baku benang. Proses pembuatannya meliputi  blowing, carding, drawing breaker, drawing  finisher, roving, ring frame, winding, doubling,  two for one twister (TFO) dan yang terakhir  adalah packing.
PT. Pisma Putra Tekstil terletak di Jalan Raya Paid km 10, Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, PT. Pisma Putra Tekstil terbagi menjadi 2 Spinning yaitu Spinning I dan Spinning II, Spinning I memiliki luas wilayah 167.642 m dan jumlah karyawan 908 orang. PT. Pisma Putra Tekstil merupakan perusahaan pemintalan yang berada di Pekalongan yang dalam prosesnya mengedepankan manajemen mutu yang sesuai dengan standart ISO 9001. Produksi yang dihasilkan PT. Pisma Putra Tekstil adalah benang mulai dari polyester, rayon, dan benang campuran polyester tetoron. Kapasitas produksi benang per bulan di PT. Pisma PutraTekstil Pekalongan sebanyak 4.000 bale.
Pabrik pemintalan benang PT Pisma kini mulai memproduksi benang caton kualitas ekspor. Semula pabrik yang merupakan salah satu unit usaha yang tergabung dalam Pisma Group itu hanya memproduksi benang jenis poly-rayon, polyester, dan rayon saja. Namun setelah perluasan pabrik spinning II yang berlokasi di belakang pabrik lama selesai, dan penambahan sejumlah mesin baru, kini mulai memproduksi benang caton yang banyak dibutuhkan pabrik tekstil di Pekalongan dan negara-negara produsen tekstil lainnya. Dirut PT Pisma Putra, Djamal Ghozi menjelaskan, perluasan pabrik pemintalan benang itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan benang dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu penambahan mesin baru itu sengaja dipilih mesin buatan Amerika dan Jerman yang bisa dipakai untuk membuat benang segala jenis. Jadi mesin yang dipakai pada spenning II (Pabrik baru) termasuk canggih dan fleksibel. Pabrik pemintalan yang dulu diresmikan Presiden Abdurrahman Wahid (2000) itu memiliki 60 ribu mesin mata pintal, dengan kapasitas produksi sekitar 5.000 bil/bulan. Sedang sebagian mesin pintal yang baru, digunakan untuk memproduksi benang caton. Lainnya seperti biasa memproduksi Polyester 100%, Rayon 100% dan Polyester-Rayon 65%: 35%.

Permintaan Pasar
Berbeda dengan mesin pintal yang digunakan pada pabrik pemintalan I semua mesinnya hanya bisa memproduksi benang jenis polyester dan rayon saja. Sedang mesin baru pada spinning II bisa digunakan untuk memproduksi apa saja menurut permintaan pasar. Karena itu baru sekarang Pisma Putra bisa memproduksi benang caton. Menyinggung pangsa pasar benang, tergantung permintaan pasar tekstil dunia. Mengingat banyak negara produsen tekstil yang menggunakan benang yang berbeda-beda. Sebagai contoh, meskipun Pisma Putra memproduksi benang caton, tapi Pismatex salah satu unit perusahaan Pisma Group yang memproduksi sarung Gajah Duduk tidak membutuhkan benang jenis itu. Karena produk sarung kualitas ekspor itu menggunakan bahan baku benang Polyester dan Rayon saja. Benang produk Pisma Putra yang digunakan Pismatex hanya sebagian, karena itu sebagian produk benang dari Pisma Putra merupakan komoditas ekspor, terutama ke beberapa negara produsen tekstil. Mengenai kualitas benang, dikatakan sudah bagus, berdasarkan analisa dari Balai Tekstil Bandung. Mengenai bahan baku benang, dijelaskan sudah tidak ada problem. Karena benang caton, yang dibuat dengan bahan baku kapas dari Amerika, PT. Pisma Putra Tekstil sudah mengadakan kontak dengan negara-negara produsen. Sedang benang jenis Rayon dan Polyester bisa didapat dari perusahaan PMA yang ada di Indonesia.


3 komentar:


  1. PT . MITRA TURIJAYA GEMILANG
    General Trading, Export / Import & Jasa Customs Clearance Import


    Hal : Penawaran Undername Import

    Kepada Yth, bpk/ibu

    Attn : Marketing Import.

    Perkenalkan kami PT. MITRA TURIJAYA GEMILANG adalah perusahaan Jasa Customs Import, International Sea and Freight Forwarding, sekaligus Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.

    Perusahaan kami PT. MITRA TURIJAYA GEMILANG bekerja sama dalam bidang Jasa sebagai berikut :

    1. Under name Import
    2. Borongan Import
    3. Custom Clearance
    4. Door to Door, Port to Door, dari ke seluruh negara dengan harga service yang bagus.
    5. By Air or Sea (Local and International)
    6. Untuk semua jenis barang termasuk Dangerous Cargo atau Personal
    7. Import mesin bekas / sudah terpakai.

    Kami Mempunyai Lisensi Import diantaranya :

    - S R P/ N I K
    - SIUP
    - TDP
    - N P W P
    - A P I-U
    - LS / PI / Izin Import barang bukan baru

    Katagori barang Import yang kami miliki izin di SIUP & API-U :
    < Garment/Pakaian Jadi, Sepatu/Alas Kaki,Mesin/Mesian Industri dan Spare Parts, Plastic/Fiber,
    < Damkar, Truck/Alat Berat dan Spare Parts, Alat Transportasi Laut, Darat dan Udara, Peralatan Rumah Tangga,
    Bahan Kimia
    < Bahan Bangunan, Besi/Baja, Alat Tambang, Alat Laboratorium untuk pendidikan.

    - Khusus penawaran UNDERNAME bagi customer anda yang belum memiliki izin import.
    - Undername kami sudah mendapatkan Jalur Kuning/Hijau.
    - Undername kami memiliki Kuota Impor untuk Mesin-Mesin Bekas & Alat Berat Bekas.

    Kami juga mempunyai kuota untuk import mesin atau barang-barang bekas.
    Dan jika perusahaan anda mempunyai masalah dengan barang import tertahan di BC, kami juga siap membantu.

    Untuk project import partai besar anda bisa hubungi kontak kami untuk meeting terlebih dahulu agar kami bisa memberikan harga semurah mungkin.

    Kami PT. MITRA TURIJAYA GEMILANG siap menjadi mitra terpercaya yang memberikan pelayanan sesempurna mungkin dengan perusahaan anda.

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kepercayaan yang Penawaran Undername Importiberikan kami ucapkan terimakasih.

    Best Regartds,




    Rizky
    Team Marketing Import.

    PT. MITRA TURIJAYA GEMILANG
    Gd. Garden Kuliner Lt 2 Room 01
    Jl. Jatiwaringin Raya, Pangkalan Jati No. 01 Jakarta 13620
    Tel / Fax : +6221-8661 2877
    Hp. : 0812 1049 0134
    Wa. : 0812 1049 0134
    Email : rizkyhermawan563@gmail.com


















    BalasHapus
  2. PRIHAL :
    PENAWARAN KERJASAMA UNTUK KONSULTAN PENGURUSAN JAMINAN ASURANSI DAN BANK GARANSI BISA TANPA COLLATERAL/AGUNAN PROSES CEPAT,MUDAH DAN BIAYA KOMPETITIF LEBIH MURAH

    Yth Customer,
    Bapak/ Ibu
    Pimpinan /HRD/finance dept perusahaan
    di
    Tempat

    Dengan hormat,
    Perkenalkan kami Dari PT. ANUGRAH LUAS JAYA,Bersertifikat AAUI No.0611 000 8421, No Akte Pendirian 150 dan SIUP No 5027-01/1.824.271 Perusahaan kami Telah Resmi Ditunjuk Untuk Memasarkan Produk Bank Garansi & Surety Bond Bisa Tanpa Agunan (Non Collateral). Adapun Jaminan Bank garansi & Asuransi Yang kami Tawarkan Telah Diterima di instansi Pemerintah dan Swasta serta sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun jenis jaminan yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:

    DAFTAR JAMINAN:

    Jaminan Penawaran (Bid Bond)
    Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
    Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond)
    Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)
    Jaminan Pembayaran Akhir Tahun (SP2D)
    Jaminan Contractor ALL RISK (CAR)
    Jaminan Custom Bond
    Jaminan Property ALL RISK (PAR)
    Jaminan Erection ALL RISK (EAR)
    Jaminan Marine Hull Insurance (MH)
    Jaminan Cargo
    Jaminan Workman Compensation Liability (WCL)
    Jaminan Conprenshive General Liability (CGL)
    Jaminan Automobile Liabelity (AL)
    Jaminan Asuransi Kebakaran (Fire Insurance)
    KMK (KREDIT MODAL KERJA)
    DAN ASURANSI UMUM LAINNYA

    Demikianlah perkenalan singkat dari kami, besar harapan kami untuk dapat berkerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu dan semoga ini langkah awal untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan di masa akan datang dan atas perhatian kami ucapkan terimakasih.Adapun sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu berikut ini saya lampirkan proposal penawaran penerbitan surety bond (asuransi) dan bank guarantee (bank garansi). Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    Hormat Kami,
    PT. ANUGRAH LUAS JAYA

    ttd

    MELYAN SONATA
    Telp (021) 42888259
    Fax (021) 42888256
    Mobil 085736366719
    WhatsApp 085736366719

    Email: pt.mjs99@gmail.com
    Office:Jl.Swadaya III No.45A Kel.Cempaka Baru Kec.Kemayoran Jakarta–Indonesia (10640)

    BalasHapus
  3. Saya menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
    Untuk informasi bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:0813-1084-9918
    Terima kasih

    BalasHapus