Senin, 28 April 2014

MEMBUAT PERENCANAAN WILAYAH DI DAERAH MASING-MASING (PEMBUATAN JALAN ALTERNATIF BARU MENUJU KECAMATAN PANINGGARAN KABUPETEN PEKALONGAN)



MEMBUAT PERENCANAAN WILAYAH DI DAERAH MASING-MASING (PEMBUATAN JALAN ALTERNATIF BARU MENUJU KECAMATAN PANINGGARAN KABUPETEN PEKALONGAN)
Disusun guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perencanaan Wilayah
Dosen Pengampu : Drs Haryanto M.Si

Disusun oleh :
Siti Hayani  (3201411145)
Rombel 03




JURUSAN GEOGRAFI
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014


PEMBUATAN JALAN ALTERNATIF BARU MENUJU KECAMATAN PANINGGARAN KABUPETEN PEKALONGAN

Perencanaan yang ingin saya buat di daerah tempat tinggal saya yaitu Kabupaten Pekalongan, khususnya di Kecamatan Paninggaran lebih saya fokuskan dalam bidang transportasi, yaitu pembuatan alan alternatif baru. Seperti sudah kita ketahui bahwa akses menuju Kecamatan Paninggaran hanya terdapat satu jalan penghubung. Barbu-baru ini terjadi di Kecamatan Paninggaran tepatnya terjadi di jalan Provinsi di Dukuh Sibelis, Desa Tenogo, dan kawasan wisata Kali Pahingan, Desa Linggoasri, Kajen ambles dengnan kedalaman mencapai dua meter dengan panjang sekitar 160 meter, peristiwa itu terjadi pada Minggu dini hari (2/2), sekitar pukul 03.00 WIB. Akibatnya, jalur penghubung Kabupaten Pekalongan ke daerah selatan seperti Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo pun terputus. Padahal, jalan ini merupakan jalur utama untuk distribusi hasil bumi, seperti sayur mayur, buah-buahan, kayu, dan ternak dari wilayah pegunungan ke Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya pun terganggu karena kendaraan besar atau roda empat tidak bisa melintas di jalur tersebut. Selain di Dukuh Sibelis yang terkenal dengan jalur maut lantaran rawan terjadi kecelakaan, jalan ambles dengan kedalaman sekitar 50 cm dengan panjang kurang lebih 500 meter juga terjadi di jalan provinsi Linggoasri, Kecamatan Kajen. Jalan ini sebelumnya sudah ambles dan sudah ditambal, namun akibat intensitas hujan yang masih tinggi, jalan utama menghubungkan Kajen dengan Banjarnegara ini semakin parah. Selain itu, akibat hujan deras sejumlah tebing jalan mengalami longsor. Pohon-pohon di sepanjang jalan dari Kajen ke Paninggaran pun bertumbangan, yang mengakibatkan kemacetan cukup panjang. Longsor tersebut mengakibatkan lumpuhnya akses jalan menuju atau dari Kecamatan Paninggaran yang mengakibatkan lumpuhnya pula kegiatan ekonomi, karena hampir sebagian besar bahan pokok makanan dari Kecamatan Paninggaran berasal dari Kabupaten Pekalongan atau Kota Pekalongan.
Daerah Kecamatan Paninggaran merupakan daerah pegunungan di Kabupaten Pekalongan yang sangat rawan teradi bencana longsor, untuk mengantisispasi longsor di jalur Paninggaran terjadi lagi, hendaknya dibuat jalur alternatif untuk menuju Kecamatan Paninggaran, jalan alternatif itu bisa dibuat disamping jalan utama yang sudah ada atau dengan membuat jalan alternatif melewati Kecamatan Kandangserang. Namun pembuatan jalan alternatif ini perlu diperhatikan dan membutuhkan perencanaan yang sangat tepat dan akurat agar jalan alternatif tersebut aman dan nyaman untuk dilewati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar