Senin, 28 April 2014

FUNGSI EKONOMIS TERUMBU KARANG


FUNGSI EKONOMIS TERUMBU KARANG

           Terumbu karang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi manusia, karena harga dan keanekaragaman spesies yang sangat tinggi. Terumbu karang merupakan lingkungan yang sangat produktif dari laut di sekelilingnya karena memasok 9 juta dari 75 – 100 juta ton hasil tangkapan ikan komersial dunia. Lebih dari 1 Milyar orang hidup di dalam radius 60 Km dari terumbu karang di daerah tropis, dan separuhnya tergantung kepada terumbu karang sebagai sumber pangan dan pendapatan. Masyarakat disekitar terumbu karang dapat memanfaatkan hal ini dengan mendirikan pusat-pusat penyelaman, snorkeling, memancing, restoran, penginapan sehingga pendapatan mereka bertambah. Pemanfaatan biota perairan lainnya yang terkandung di dalamnya. Secara tradisional dapat digunakan sebagai bahan bangunan karena mengandung kapur. Demikian pula pasir yang diambil dari ekosistem terumbu karang digunakan sebagai bahan campuran semen. Kerang atau tiram raksasa diambil cangkangnya untuk dijadikan bahan pembuat lantai bangunan. Sebuah fakta menunjukkan Sebanyak 400 juta orang termiskin di dunia bertumpu pada ekosistem terumbu karang sebagai sumber utama protein mereka. Nilai total tahunan barang dan jasa yang dipasok ekosistem ini berupa pangan, perlindungan pantai, pariwisata, aktifitas reksreasi, bahan bangunan dan persediaan minyak diperkirakan mencapai $375 milyar.
Potensi terumbu karang bagi Indonesia secara umum diperkirakan mencapai US$1,6 Milyar dolar pertahun dari perikanan berkelanjutan, perlindungan pantai dan pariwisata dengan manfaat ekonomi bersih untuk terumbu karang yang sehat dengan potensi wisata berkisar US$23.100 sampai US$270.000 per-kilometer persegi. Great Barrier Reef menghasilkan $5,8 Milyar pertahun dari pariwisata dengan akomodasi kunjungan ke terumbu karang, penyelaman dan pemancingan rekreasi sebagai basis pendapatan ekonomi. Ikatan budaya dan spiritual dengan terumbu yang dimiliki oleh penduduk pulau-pulau di Indo-Pasifik, peluang-peluang pendidikan dan potensi manfaat farmasi dari senyawa aktif produk-produk hayati adalah beberapa diantaranya manfaat terumbu karang yang belum diketahui. Berikut ini merupakan contoh gambar keindahan terumbu karang yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai wahana rekreasi (tempat wisata). Bagi penduduk di negara maju seperti Austalia, Amerika, dan Negara – Negara di benua Eropa terumbu karang merupakan tujuan reksreasi dan kemewahan, tetapi bagi bangsa lain seperti Indonesia terumbu karang merupakan sumber kehidupan.

Berikut merupakan fungsi-fungsi dari terumbu karang:
1.        Sumber obat-obatan
Pada terumbu karang banyak terdapat bahan-bahan kimia yang diperkirakan bisa menjadi obat bagi manusia. Saat ini banyak penelitian mengenai bahan-bahan kimia tersebut untuk dipergunakan untuk mengobati berbagai manusia.
2.        Objek wisata
Terumbu karang yang bagus akan menarik minat wisatawan sehingga meyediakan alternatif pendapatan bagi masyarakat sekitar. Diperkirakan sekitra 20 juta penyelam, menyelam dan menikmati terumbu karang per tahun. Contoh terumbu karang sebagai objek wisata di Indonesia berada di Taman laut Bunaken, Raja Ampat, Lombok, Taman laut kepulauan seribu, Taman Laut Cendrawasih di Irian Jaya, dll. Yang biasanya digunakan untuk snorkeling melihat pemandangan bawah laut.
3.        Daerah Penelitian
Penelitian akan menghasilkan informasi penting dan akurat sebagai dasar pengelolaan yang lebih baik. Selain itu, masih banyak jenis ikan dan organisme laut serta zat-zat yang terdapat di kawasan terumbu karang yang belum pernah diketahui manusia sehingga perlu penelitian yang lebih intensif untuk mengetahui ‘misteri’ laut tersebut.
4.        Sumber mata pencarian
Banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada terumbu karang. Tentu saja mnjadikan terumbu karang sebagai sumber mata pencarian harus di ikuti dengan rasa tanggung jawab sehingga tidak terjadi eksploitasi yang terlalu berlebihan. Selain itu terumbu karang juga dapat menjadi objek wisata yang tentunya dapat menambah pundi-pundi rupiah dari wisatawan.
5.        Perhiasan
Terumbu karang juga digunakan sebagai perhiasan atau aksesoris yang biasanya dijual di tempat wisata laut atau pantai untuk cinderamata. Selain itu terumbu karang jjjuga digunakan sebagai bahan penghias dan pelengkap dalam industri permebelan, contohnya di daerah Jepara, Jawa Tengah.
6.        Bahan baku industri
Pemanfaatan terumbu karang sebagai bahan baku industri digunakan sebagai bahan campuran dalam industri semen, kapur, dan tegel. Contoh di daerah sekitar pantai Gunung Kidul dan di daerah Kecamatan Nasik, Kabupaten Belitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar