Selasa, 23 Oktober 2012

UNDER BOUNDED CITY


Contoh kerjasama antar wilayah yang diakibatkan persoalan di under bounded city?

Dalam hal ini kami mengambil contoh wilayah Under Bounded City antara ibu kota Jakarta dengan kota Bogor. Ini merupakan bentuk goodwill dari gubernur untuk bekerjasama dengan kepala daerah di sekitar Jakarta. Karena semua mengetahui, pembangunan dan pengembangan daerah masing-masing tidak bisa sendiri-sendiri. Ada tiga masalah penting yang akan di singkronkan pelaksanaannya yakni transportasi, kependudukan, dan penangan banjir. Perlu diketahui juga, bahwa beberapa catatan penting yang harus diperhatikan antara Kota Bogor dan Kabupaten Bogor dengan Ibukota Jakarta adalah:

Pertama, bidang Tata Ruang. Bidang tersebut belum adanya keterpaduan tata ruang DKI Jakarta dengan Wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Saat ini sedang dalam finalisasi Raperpres RT/RW Jabodetabekjur sebagai pedoman penyusunan Raperda RT/RW masing-masing daerah. Dan, belum adanya keserasian tingkat kedalaman peta perencanaan di wilayah perbatasan yang disebabkan karena adanya perbedaan skala peta dan nomenklatur.

Kedua, bidang transportasi. Di bidang ini, belum adanya keterpaduan model angkutan dan sistem jaringan jalan, serta belum adanya sinergi izin trayek di wilayah lintas batas serta tingginya tingkat commuter.

Ketiga, pajak. Banyaknya kendaraan bernomor polisi "B" Jakarta, sementara pemiliknya berdomisili di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

Keempat, infrastruktur. Masih banyaknya kendaraan bermotor di Jakarta memberikan kontribusi terhadap kerusakan jalan.

Kelima, pengelolaan sungai atau kali. Saat ini belum optimalnya pengelolaan sungai dari hulu ke hilir.

Keenam, kependudukan, masih minimnya pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah di wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.


1 komentar:

  1. Halo yani, artikelnya bermanfaat banget nih betewe, gue dari jakarta jurusan tata kota, universitas tarumanegara.
    lagi cari-cari tugas soal overbounded dan underbounded city, menurut lo selain jakarta bogor, mana lagi kota-kota indonesia yang masuk kategori itu?

    makasih banyak ya infonya betewe, trus maapin gue sok kenal. hehehehehehe...

    BalasHapus