Jumat, 25 Oktober 2013

CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN TES DAN NON TES


A.  CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN BENTUK TES

Mata Pelajaran            : IPS Terpadu
Kelas                           : VII
Semester                      : Genap

SK. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
KD. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk.
Indikator : 1. Mendeskripsikan kondisi geografis Indonesia.
 2. Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia.
 3. Menganalisis kaitan anatara kondisi geografis dengan keadaan penduduk Indonesia.

A. Pilihlah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan member tanda silang (X) pada jawaban a, b, c, dan d.
1. Secara astronomis Indonesia terletak pada garis lintang dan garis bujur…
a. 6 LU – 11 LS dan 195 BT – 141 BT
b. 6 LU – 11 LS dan 95 BT – 141 BT
c. 11 LU – 6 LS dan 95 BT – 141 BB
d. 11 LU – 6 LU dan 95 BB – 141 BB
2. Samudra yang membatasi wilayah Indonesia adalah…
a. Pasifik dan Atlantik
b. Pasifik dan Hindia
c. Hindia dan Antartika
d. Asia dan Australia
3. Akibat letak geologis bagi Indonesia adalah…
a. Indonesia rawan gempa
b. Indonesia menjadi strategis
c. Indonesia memiliki dua musim
d. Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu
4. Batas timur Indonesia adalah…
a. Malaysia
b. Papua Nugini
c. Timor Leste
d. Samudra Hindia
5. Akibat letak lintangnya Indonesia beriklim…
a. Tropis
b. Sedang
c. Sub tropis
d. Dingin
6. Letak suatu Negara berdasarkan kenyataannya di permukaan bumi disebut letak…
a. Astronomis
b. Geologis
c. Geografis
d. Strategis
7. Pulau yang paling padat penduduknya di Indonesia adalah…
a. Sumatra
b. Jawa
c. Kalimantan
d. Papua
8. Jalur pegunungan yang masuk ke Indonesia melalui Phillipina ke Sulawesi adalah…
a. Sirkum Mediteran
b. Sirkum Mediteran – Pasifik
c. Sirkum Pasifik
d. Sirkum Pegunungan
9. Standar meridian untuk waktu Indonesia tengah adalah…
a. 105
b. 135
c. 120
d. 150
10. Jika di Pekalongan pukul 09.00 maka di Papua pukul…
a. 08.00
b. 07.00
c. 09.00
d. 11.00
11. Berdasarkan jumlah penduduk Indonesia menempati urutan ke…diurutan penduduk dunia
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
12. Penduduk yang tinggal didaerah pantai bermata pencaharian sebagai…
a. Petani
b. Nelayan
c. Pedagang
d. Peternak
13. Berikut ini adalah faktor penyebab Jawa menjadi pemusatan penduduk, kecuali…
a. Sebagai pusat pemerintahan
b. Reliefnya lebih halus
c. Tanahnya subur
d. Daerahnya subur
14. Pulau paling selatan Indonesia adalah…
a. Pulau We
b. Pulau Papua
c. Pulau Rote
d. Pulau Breuch
15. Corak kehidupan penduduk di daerah dataran tinggi pegunungan adalah…
a. Petani
b. Nelayan
c. Pedagang
d. Pengusaha



B.     Jawablah pertanyaan di bawah ini
1.      Sebut dan jelaskan letak astronomis Indonesia?
2.      Sebutkan dua akibat letak geografis dan geologis Indonesia?
3.      Sebutkan lima penyebab Jawa menjadi daerah pemusatan penduduk di Indonesia?
4.      Sebut dan jelaskan pembagian daerah waktu di Indonesia?
5.      Jelaskan corak kehidupan penduduk di daerah pantai?

B.   CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN BENTUK NON TES
Pengembangan instrumen evaluasi non tes dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial   (IPS)
1.  Tes Perbuatan
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca dan Menganalisis Peta
1
2
3
4
5
1.           1
Usman





2.           2
Said





3.           3
Dewi





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                                                            Skor Tes Perbuatan :  
1.    = Membaca dan menganalisis dengan baik                                         = 80 – 90 = A
2.    = Membaca dan menganalisis kurang baik                                         = 70 – 79 = B
3.    = Membaca dan menganalisis dengan ragu-ragu                                = 60 – 69 = C
4.    = Membaca dan menganalisis ragu-ragu dengan bantuan guru          = 50 – 59 = D
5.    = Tidak dapat membaca dan menganalisis                                         = kurang dari 50 = E




2.       Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Akibat letak lintangnya Indonesia beriklim tropis.




2.
Pulau yang paling padat penduduknya adalah pulau Jawa.




3.
Penduduk yang tinggal di daerah pantai bermata pencaharian sebagai pedagang.




dst
……………………………………………….




Keterangan :                                        Skor Tes Sikap:
SS        = Sangat Setuju                       = 50
S          = Setuju                                   = 40
TS        = Tidak Setuju                                    = 10
STS      = Sangat Tidak Setuju                        = 0
                       
3.      Portofolio yakni Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengetahuan siswa mengenai penarapan mata pelajaran IPS di-hari,  berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa







4.    Penilaian Afektif
  Indikator : Siswa menunjukkan sikap yang terpuji
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jml
Skor
Nilai

Catatan
Disiplin
Respon
Inisiatif
Kerja
Sama
Tuntas Tugas
01
Andi








02
Andre








03
Audi








04
Budi








05
Bulan








06
Dewi








07
Susi








08
Tina








09
Vani








10
Wawan









Catatan :
a.  Kriteria perilaku
    1 = sangat kurang                                        4 = baik
    2 = kurang                                                   5 = amat baik
    3 = cukup
b.  Nilai merupakan jumlah dari nilai tiap-tiap indikator perilaku
c.  Nilai maksimum  = 25
d.  Keterangan nilai
  23 - 25  = sangat baik                                 8 - 12  = kurang       
  18 - 22  = baik                                            0 - 7   = sangat kurang    
                 13 - 17  = cukup     





5 komentar: