Senin, 07 Mei 2012

sistem panas bumi 1


1.Sistem panas bumi yang berasosiasi pada pergerakan lempeng.
a.Definisi
Secara umum, keterdapatan sumber panas bumi Indonesia berasosiasi dengan kegiatan gunung api sebagai asal sumber panas yang berhubungan dengan pergerakan lempeng tektonik tersebut. Sepanjang jalur gunung api (aktif maupun yang non aktif) menyimpan cadangan energi panas bumi yang sangat besar di bawah permukaan. Jalur gunungapi berada di sepanjang Pulau Sumatera menerus ke daerah selatan Pulau Jawa, memanjang hingga ke Pulau Bali dan Nusa Tenggara, kemudian berbelok ke arah utara ke Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Kepulauan Filipina. Oleh karena itu, sistem panas bumi yang berada di jalur gunungapi ini umumnya berasosiasi dengan vulkanisme dimana magma sisa sebagai sumber panasnya.

b.Manifestasi permukaan
Daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur-Nusa Tenggara Barat, yang berada pada jalur gunungapi, merupakan salah satu daerah yang memperlihatkan indikasi adanya potensi panas bumi melalui manifestasi panas bumi permukaan berupa beberapa mata air panas. Manifestasi panas bumi berupa mata air panas Sebau dengan suhu 36,5 0C, T udara 19,5 0C, pH 8,4 dan daya hantar listrik yang sekitar 1802 μS/cm debit air sekitar 2 liter/detik. Mata air panas tersebut muncul melalui rekahan pada batuan aliran piroklastik dengan luas manifestasi sekitar 3 x 4 m, Sembalun, bualan gas dari mata air panas.

c.Contoh Lokasi
Daerah Sembalun yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Suela dan Kecamatan Aikmal, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar