A. CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN BENTUK
TES
Mata
Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas : VII
Semester : Genap
SK.
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
KD. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk.
Indikator
: 1. Mendeskripsikan kondisi geografis Indonesia.
2. Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia.
3. Menganalisis kaitan anatara kondisi
geografis dengan keadaan penduduk Indonesia.
A. Pilihlah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan
member tanda silang (X) pada jawaban a, b, c, dan d.
1.
Secara astronomis Indonesia terletak pada garis lintang dan garis bujur…
a. 6
LU – 11
LS dan 195
BT – 141
BT




b. 6
LU – 11
LS dan 95
BT – 141
BT




c. 11
LU – 6
LS dan 95
BT – 141
BB




d. 11
LU – 6
LU dan 95
BB – 141
BB




2.
Samudra yang membatasi wilayah Indonesia adalah…
a. Pasifik dan Atlantik
b. Pasifik dan Hindia
c. Hindia dan Antartika
d. Asia dan Australia
3.
Akibat letak geologis bagi Indonesia adalah…
a. Indonesia rawan gempa
b. Indonesia menjadi strategis
c. Indonesia memiliki dua musim
d. Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu
4.
Batas timur Indonesia adalah…
a. Malaysia
b. Papua Nugini
c. Timor Leste
d. Samudra Hindia
5.
Akibat letak lintangnya Indonesia beriklim…
a. Tropis
b. Sedang
c. Sub tropis
d. Dingin
6.
Letak suatu Negara berdasarkan kenyataannya di permukaan bumi disebut letak…
a. Astronomis
b. Geologis
c. Geografis
d. Strategis
7.
Pulau yang paling padat penduduknya di Indonesia adalah…
a. Sumatra
b. Jawa
c. Kalimantan
d. Papua
8.
Jalur pegunungan yang masuk ke Indonesia melalui Phillipina ke Sulawesi adalah…
a. Sirkum Mediteran
b. Sirkum Mediteran – Pasifik
c. Sirkum Pasifik
d. Sirkum Pegunungan
9.
Standar meridian untuk waktu Indonesia tengah adalah…
a. 105

b. 135

c. 120

d. 150

10.
Jika di Pekalongan pukul 09.00 maka di Papua pukul…
a. 08.00
b. 07.00
c. 09.00
d. 11.00
11. Berdasarkan jumlah penduduk Indonesia menempati
urutan ke…diurutan penduduk dunia
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
12.
Penduduk yang tinggal didaerah pantai bermata pencaharian sebagai…
a. Petani
b. Nelayan
c. Pedagang
d. Peternak
13. Berikut ini adalah faktor penyebab Jawa menjadi
pemusatan penduduk, kecuali…
a. Sebagai pusat pemerintahan
b. Reliefnya lebih halus
c. Tanahnya subur
d. Daerahnya subur
14. Pulau paling selatan Indonesia adalah…
a. Pulau We
b. Pulau Papua
c. Pulau Rote
d. Pulau Breuch
15. Corak kehidupan penduduk di daerah dataran
tinggi pegunungan adalah…
a. Petani
b. Nelayan
c. Pedagang
d. Pengusaha
B. Jawablah
pertanyaan di bawah ini
1.
Sebut dan jelaskan letak astronomis
Indonesia?
2.
Sebutkan dua akibat letak geografis dan
geologis Indonesia?
3.
Sebutkan lima penyebab Jawa menjadi
daerah pemusatan penduduk di Indonesia?
4.
Sebut dan jelaskan pembagian daerah
waktu di Indonesia?
5.
Jelaskan corak kehidupan penduduk di
daerah pantai?
B. CONTOH
INSTRUMEN PENILAIAN BENTUK NON TES
Pengembangan
instrumen evaluasi non tes dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
1. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Membaca dan Menganalisis Peta
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Usman
|
|||||
2.
2
|
Said
|
|||||
3.
3
|
Dewi
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan : Skor
Tes Perbuatan :
1.
= Membaca dan menganalisis
dengan baik =
80 – 90 = A
2.
= Membaca dan
menganalisis kurang baik = 70 – 79 = B
3.
= Membaca dan
menganalisis dengan ragu-ragu =
60 – 69 = C
4.
= Membaca dan
menganalisis ragu-ragu dengan bantuan guru =
50 – 59 = D
5.
= Tidak dapat membaca dan
menganalisis = kurang dari 50 = E
2. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Akibat letak lintangnya Indonesia
beriklim tropis.
|
||||
2.
|
Pulau yang paling padat
penduduknya adalah pulau Jawa.
|
||||
3.
|
Penduduk yang tinggal di daerah
pantai bermata pencaharian sebagai pedagang.
|
||||
dst
|
……………………………………………….
|
Keterangan : Skor Tes Sikap:
SS =
Sangat Setuju = 50
S =
Setuju =
40
TS =
Tidak Setuju =
10
STS =
Sangat Tidak Setuju = 0
3. Portofolio yakni Tes pengalaman dilakukan dengan
menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengetahuan siswa mengenai
penarapan mata pelajaran IPS di-hari, berdasarkan
antara lain:
-
apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan
pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau
siswa
4. Penilaian Afektif
Indikator : Siswa menunjukkan sikap yang
terpuji
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Catatan
|
||||
Disiplin
|
Respon
|
Inisiatif
|
Kerja
Sama
|
Tuntas Tugas
|
|||||
01
|
Andi
|
||||||||
02
|
Andre
|
||||||||
03
|
Audi
|
||||||||
04
|
Budi
|
||||||||
05
|
Bulan
|
||||||||
06
|
Dewi
|
||||||||
07
|
Susi
|
||||||||
08
|
Tina
|
||||||||
09
|
Vani
|
||||||||
10
|
Wawan
|
Catatan :
a. Kriteria perilaku
1 = sangat kurang 4
= baik
2 = kurang 5
= amat baik
3 = cukup
b. Nilai merupakan jumlah dari nilai tiap-tiap
indikator perilaku
c. Nilai maksimum = 25
d. Keterangan nilai
23 - 25 = sangat baik 8 - 12 = kurang
18 - 22
= baik 0 - 7 = sangat kurang
13 - 17 = cukup
kereeen... (y) :)
BalasHapussangat bermanfaat :)
BalasHapuskeren nih, salam kenal ya permainan bola voli
BalasHapusTerimakasih, sangat membantu !!! ;D
BalasHapusterimaksih sangat bermanfaat
BalasHapus